9 Tips Mendapatkan Tidur yang Sehat

Setiap orang, karena sebab dan alasan tertentu, pasti pernah mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari. Namun tidak perlu khawatir, karena dengan beberapa tips sederhana berikut anda bisa mendapatkan tidur yang lebih baik daripada malam-malam sebelumnya.

Biasakan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari

Kebiasaan bisa diciptakan, termasuk jam tidur. Tentukan ritme waktu tidur anda dan konsistenlah dengan waktu tersebut. Setelah beberapa waktu mengikuti pola tersebut, tubuh akan memiliki semacam ‘waktu natural’ dan sangat membantu dalam mengelola tidur.

Gunakan kamar tidur untuk tidur, bukan sebagai ruangan serba-guna

Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk menggunakan kamar tidur sebagai ruangan serbaguna, seperti untuk menonton tv, bekerja, dsb. Berbagai alat elektronik seperti televisi, komputer, atau gadget bisa memberikan signal kepada otak agar ‘tidak tidur’. Jangan tempatkan barang-barang tersebut di dalam kamar tidur, dan gunakanlah sebelum waktu tidur anda. Lebih jauh lagi, jangan jadikan kamar tidur sebagai tempat kerja, karena seperti alasan tadi di atas, dan dapat mengganggu tidur anda.

Pastikan kamar tidur anda tenang, gelap, sejuk dan nyaman

Tempat yang sejuk lebih memungkinkan anda cepat tertidur. Juga, mengurangi akses terhadap cahaya dan suara berarti mengurangi pengganggu tidur. Dengan kondisi tersebut, kamar tidur menjadi tempat nyama dan membuat tubuh menjadi rileks, sehingga menjadikan tidur lebih berkualitas.

Hindari alkohol, kafein dan nikotin sebelum tidur

Kopi, teh, coklat dan minuman soda dapat menstimulasi tubuh untuk tetap terjaga. Itu karena minuman/makanan tersebut mengandung kafein. Sebaiknya jangan mengkonsumsinya sekitar 4-6 jam sebelum waktu tidur anda. Begitu pula dengan nikotin dan alkohol.

Lewatkan tidur siang

Semakin lama tubuh terjaga, semakin mudah pula tubuh akan tertidur. Oleh karena itu, jangan gunakan waktu di siang hari untuk tidur karena akan mengganggu waktu tidur di malam hari. Jika managemen waktu tidur malam hari anda berjalan baik, maka anda tidak lagi membutuhkan tidur siang. Namun jika anda selalu ngantuk di siang hari, bisa jadi itu menandakan gejala gangguan tidur dan membutuhkan konsultasi dokter.

Sempatkan untuk berolahraga setiap hari

Tubuh yang selalu aktif secara fisik –selain baik untuk kesehatan secara umum– sangat membantu untuk memastikan tidur yang nyenyak di malam hari. Akan tetapi, jangan berolahraga mendekati jam tidur karena malah dapat menyulitkan tubuh untuk tertidur, karena tubuh masih dalam keadaan ‘bersemangat’ atau belum rileks.

Ciptakan ritual tidur anda sendiri

Anak kecil biasanya memiliki ritual tidur seperti dibacakan dongeng dan lain-lain, begitu pula halnya untuk orang dewasa. Ciptakan ritual untuk diri anda sendiri seperti mendengarkan musik slow/ringan, membaca, atau bahkan mandi air hangat. Lakukan hal-hal tersebut sekitar 15-30 menit sebelum waktu tidur anda. Jika telah terbiasa dan menjadi ritual, hal tersebut akan sangat membantu anda tertidur.

Jika susah tertidur, jangan berdiam di tempat tidur

Apabila setelah 20 menit berbaring namun merasa kesulitan untuk tertidur, jangan terus berbaring sambil terjaga atau uring-uringan di tempat tidur. Hal tersebut malah akan membuat resah dan tambah menyulitkan usaha anda untuk tertidur. Bangunlah dari tempat tidur, pergi ke tempat lain yang tenang untuk duduk atau berbaring hingga merasa mata anda sudah siap untuk tertidur.

Jadikan tidur sebagai prioritas

Percayalah bahwa tubuh memiliki haknya untuk tidur dan beristirahat. Jangan biarkan aktivitas-aktivitas yang biasa dilakukan di siang hari menghalangi waktu tidur anda. Banyak orang yang mengorbankan waktu tidurnya untuk menyelesaikan pekerjaan, atau bahkan mengorbankannya dengan aktivitas yang tidak terlalu penting seperti menonton tv, bermain game, internet dan lain sebagainya. Ingatlah waktu tidur yang sudah anda tentukan dan konsistenlah dengan jadwal tersebut.

Berikan tanggapan dan komentar