Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal berfungsi untuk menyaring darah dari kotoran dan air berlebih, dan kemudian menjadikannya air seni (urine). Ginjal juga berfungsi untuk membantu mengontrol tekanan darah dan memproduksi hormon yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Ketika ginjal mengalami gangguan atau rusak, kotoran dan zat-zat tidak berguna lainnya akan menumpuk di dalam tubuh, dan menghasilkan banyak gangguan kesehatan.

Tubuh manusia memiliki dua ginjal, berbentuk seperti kacang dan ukurannya kira-kira sebesar kepalan tangan. Untuk membersihkan darah dari kotoran, ginjal melepaskan tiga hormon penting:

1. erythropoietin (EPO), yang menstimulasi sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah

2. renin, yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah

3. calcitriol, yaitu bentuk aktif dari Vitamin D, yang membantu menyokong kalsium untuk tulang dan menjaga keseimbangan kimia dalam tubuh

Resiko Penyakit Ginjal

kerusakan ginjalPenyakit ginjal semakin meningkat dewasa ini. Setiap orang bisa mengalami penyakit kerusakan ginjal, tanpa memandang usia dan gender. Namun, resiko terbesar mengalami penyakit ginjal terdapat pada orang yang memiliki:

  • Diabetes,
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi),
  • Penyakit jantung,
  • Riwayat kesehatan keluarga yang pernah mengalami gagal ginjal.

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga kesehatan ginjal merupakan hal sangat penting, mengingat fungsinya yang sangat vital bagi kesehatan tubuh secara umum. Berikut adalah tips yang dapat membantu untuk membuat ginjal tetap sehat, khususnya ketika anda memiliki resiko mengalami penyakit ginjal:

  • Menjaga tekanan darah tetap berada pada batas normal/sehat, atau sesuai dengan target yang diberikan oleh dokter. Hal ini dapat mencegah gagal ginjal.
  • Bagi penderita diabetes, pastikan untuk selalu menjaga dan mengontrol gula darah.
  • Menjaga agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal.
  • Kurangi konsumsi garam. Kelebihan garam yang Anda konsumsi akan dibawa ke ginjal, dan mengikutsertakan juga kalsium yang terdapat dalam makanan Anda. Kehadiran kalsium dalam ginjal ini dapat mengganggu fungsi ginjal dan membuatnya tak sehat.
  • Mengadopsi atau menjalankan diet yang sehat untuk jantung, seperti rajin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar, gandum murni, serta makanan harian yang rendah lemak.
  • Batasi jumlah alkohol yang masuk ke dalam tubuh.
  • Biasakan untuk lebih aktif secara fisik, misalnya dengan berolahraga secara rutin.
  • Menjalankan program menurunkan berat badan, jika anda memiliki berat badan berlebih (overweight).
  • Bagi perokok, segera pertimbangkan untuk berhenti merokok. Merokok dapat memperburuk kerusakan yang terjadi pada ginjal.

Diabetes dan hipertensi adalah penyebab penyakit/kerusakan ginjal yang paling umum. Kedua kondisi kesehatan tersebut dapat merusak ginjal secara perlahan selama bertahun-tahun. Penyakit ginjal di tahap awal tidak memiliki pertanda atau gejala sama sekali. Penderitanya mungkin tidak akan merasakan perbedaan apapun hingga penyakit tersebut sudah memasuki tahap lanjut, dan rusaknya ginjal telah mendatangkan berbagai gangguan kesehatan.

Fakta tersebut semakin memperkuat alasan bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan ginjal dan tubuh secara umum dengan mengadopsi pola hidup dan diet yang sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Berikan tanggapan dan komentar