Cara Meningkatkan Memori – Tips Mempertajam Ingatan

Pernahkan anda merasa kesal ketika merasa kesulitan mengingat sesuatu, seperti nama orang atau dimana meletakkan kunci mobil? Melupakan hal-hal seperti itu memang tampak sepele, namun bisa jadi masalah jika terus dibiarkan.

Untungnya, ketajaman memori atau ingatan bisa ditingkatkan. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk mempertajam ingatan.

  • Konsumsi vitamin
    meningkatkan otakPenelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki cukup vitamin B, C, D dan E mempunyai ingatan dan kemampuan berpikir yang lebih baik. Untuk meningkatkan fungsi memori, pastikan anda mengkonsumsi cukup vitamin B12, yang bisa didapatkan dari ikan, telur dan susu. Kekurangan vitamin-vitamin tersebut akan berpengaruh buruk bagi fungsi kognitif otak. Selain itu, prioritaskan untuk mendapatkan vitamin-vitamin tersebut dari makanan ketimbang dari suplemen.
  • Berolahraga (joging dan jalan cepat)
    Olahraga akan memberikan perubahan positif bagi otak, seperti memperlancar aliran darah, memperbaharui koneksi antar sel di otak, bahkan membentuk sel-sel otak yang baru. Olahraga yang sangat baik untuk memperkuat memori dan fungsi kognitif otak –serta sangat mudah dilakukan– adalah joging atau jalan cepat. Lakukan kegiatan tersebut selama setengah jam setiap harinya. Seperti yang telah diketahui bersama, olahraga teratur juga mampu mencegah pertumbuhan banyak penyakit secara keseluruhan.
  • Bermain game
    Psikolog mengatakan bahwa memainkan game-game seperti teka-teki silang, puzzle (bongkar pasang), dan juga Sudoku sangat baik untuk otak. Game-game tersebut akan meningkatkan fokus, kecepatan dan fleksibilitas memori otak. Jenis aktivitas seperti ini memiliki sangat banyak pilihan, termasuk hobi-hobi yang menstimulasi otak seperti menulis, melukis/menggambar, bermain catur, dan lain sebagainya.

Berikan tanggapan dan komentar