Cara Mengobati Gusi Bengkak

Gusi bengkak biasanya terjadi akibat adanya pembusukan pada gigi. Gusi bengkak (parulus) bisa berarti bengkak kecil atau bengkak bernanah pada jaringan lunak gigi (gusi), karena terjadinya peradangan atau infeksi.

Akumulasi plak pada gusi menjadi penyebab utama gusi yang membengkak. Jika timbul rasa nyeri maka ini menandakan gejala penyakit gusi sudah lebih parah sebagai akibat dari hilangnya tulang di sekitar gigi dan mengarah pada pembentukan kantong gusi dalam. Bakteri dalam kantong menyebabkan infeksi gusi, bengkak, nyeri, dan kerusakan tulang lebih lanjut.

Gusi bengkak, termasuk penyakit-penyakit gusi lainnya, bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti seperti kebersihan mulut yang buruk, riwayat keluarga penyakit gusi, merokok, dan sejarah keluarga diabetes.

Cara Mengatasi dan Mengobati Gusi Bengkak

gusi bengkakSebagai langkah awal, kurangi tingkat infeksi dan peradangan pada gusi, sekaligus sedikit meredakan rasa sakitnya. Ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana, yaitu:

Air larutan garam
Larutkan satu sendok garam pada segelas air hangat, lalu gunakanlah larutan tersebut untuk berkumur. Langkah ini dapat mengurangi pembengkakan pada gusi. Lakukan proses tersebut selama beberapa kali dalam sehari.

Teh celup atau kantong teh
Dengan meletakkan kantong teh celup yang kering (sebaiknya teh hitam) pada gusi yang membengkak dapat mengurangi infeksi, bahkan mengeluarkan nanah yang terdapat di gusi. Tempatkan kantong teh di antara dinding pipi bagian dalam dan gusi bengkak selama beberapa jam, atau jika bisa biarkan sepanjang malam. Cara ini seharusnya mampu mengurangi bengkak dan rasa sakit yang dialami.

Konsumsi vitamin C
Tingkatkan konsumsi vitamin C 1000 mg, hingga 3 kali sehari. Vitamin tersebut nantinya akan berfungsi secara alami sebagai antibiotik untuk melawan infeksi pada gusi.

Ketiga cara di atas hanyalah metode pengobatan rumahan (home remedy) untuk mengurangi bengkak pada gusi dan meredakan rasa sakitnya.

Untuk mengobati penyakit gusi bengkak itu sendiri secara menyeluruh, tidak ada cara lain selain mengunjungi dokter gigi. Gusi yang bengkak membutuhkan perawatan medis agar kondisinya kembali normal. Selain itu, dokter mungkin akan melakukan tindakan pengobatan lanjut untuk mengobati dan mencegah gusi bengkak di waktu yang akan datang.

Anda bisa meminta untuk dilakukan X-ray pada mulut. Tidak ada cara lebih baik untuk mendiagnosa gusi bengkak secara akurat selain dengan melakukan X-raypada daerah yang terdampak. Hasilnya nanti akan memudahkan dokter anda melakukan diagnosa dengan lebih baik.

Jangan terkejut jika dokter menyarankan agar gigi anda dicabut, karena proses tersebut akan membuat gusi mengempis dan membantu proses penyembuhan secara sempurna.

Konsultasikan juga dengan dokter anda cara terbaik untuk merawat kebersihan gigi dan gusi, serta menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan. Dengan selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatan mulut, anda dapat mengurangi resiko terjadinya gusi bengkak di kemudian hari.

image credit: by Damdent via Wikimedia Commons

1 comment to Cara Mengobati Gusi Bengkak

Berikan tanggapan dan komentar